Assalamualaikum sobat blogger, sebelum saya share cara membuat kabel UTP / LAN saya akan menjelaskan alat dan bahan apa saja yang digunakan untuk membuat kabel UTP / LAN.

OKe langsung aja, bertikut ini adalah alat dan bahan yang harus ada sebelum membuat kabel UTP / kabel LAN :

  • Tang Crimping
Tang Crimping adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor,dan ini sangat penting sekali bagi kita yang ingin belajar cara mengcrimping kabel,alat ini bentuknya hampir sama dengan Tank biasa yang sering kita lihat atau temui.
  • Kabel UTP

Kabel UTP kita gunakan untuk saling menghubungkan jaringan internet dan di dalam kabel UTP ini terdapat 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni.
  • Konektor RJ-45

Konektor adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port LAN. Konektor RJ-45 harus dipasangkan pada ujung kabel UTP apabila tidak maka Kabel UTP tidak akan berguna.
  • Cable Tester
Cable Tester adalah alat untuk menguji hasil crimpingan kabel kita, kalau krimpingan kita salah maka lampu di Cable Tester ini tidak akan menyala dan kalau hasil crimpingan kita sudah benar maka lampu di Cable Tester akan menyala dengan otomatis,jadi alat ini sangat berguna bagi kita untuk mengetahui hasil crimpingan kita.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.. ^_^

Baca juga : Cara Membuat Kabel UTP / Kabel LAN Tipe Straight dan Cross

Posting Komentar

  1. Jadi inget praktek di labcom,,rebutan tang crimping sama temen

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha iya mas, dulu saya sering mecahin rj45. :-d

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Thx semoga nanti praktek kelompok sya lancar

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Top