Alul Stemaku - YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

Youtuber adalah seseorang atau sekelompok orang yang memproduksi video untuk diupload di Youtube dan bisa membuat orang semakin terkenal. selain itu youtube juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan, karena video yang kita upload bisa kita uangkan dengan cara monetize sehingga nanti video youtube kita ada iklannya dan banyak views dan klik iklan itulah yang bisa menghasilkan uang.


Menjadi youtuber selain membutuhkan camera dan peralatan lainnya juga membutuhkan software aplikasi yang digunakan untuk mengedit video yang akan kita upload ke yoube.

Berikut ini adalah contoh aplikasi edit video yang sering digunakan para youtuber.

1. Adobe Premiere Pro
Dari namanya, kita mungkin bisa menebak kalau aplikasi ini merupakan salah satu keluarga Adobe yang terkenal lewat Photoshopnya. Adobe Premiere Pro merupakan aplikasi editing video yang sangat terkenal terutama di kalangan Youtubers karena berbagai fiturnya yang menarik.

Kelebihan dari Adobe Premiere Pro adalah tampilannya yang sederhana, serta banyak aplikasi – aplikasi lain yang mendukung, seperti Adobe Auditions, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya.

2. Sony Vegas Pro
Aplikasi edit video yang ini juga sama terkenalnya di dunia. Bahkan salah satu youtubers terkenal di Indonesia adalah salah satu penggunanya. Sesuai namanya, Sony Vegas diproduksi oleh perusahaan elektronik terkemuka asal Jepang, Sony. Sony Vegas ini merupakan buah tangan Sony Creative Software.

Namun bagi anda yang baru ingin menggunakannya, Sony mengumumkan bahwa mereka telah menjual Sony Vegas Pro ke pihak Magix, yang telah mengganti situs penjualannya ke vegascreativesoftware.com. Sony Vegas atau sekarang bernama Vegas Pro memiliki beberapa kelebihan dibanding Adobe Premiere.

3. Final Cut Pro
Final Cut Pro adalah aplikasi editing video khusus bagi pengguna Mac. Final Cut Pro merupakan aplikasi yang lengkap, seperti halnya Adobe Premiere Pro, dan mungkin aplikasi yang sering digunakan di dunia pertelevisian serta periklanan.

Final Cut Pro memiliki sejumlah fitur yang keren dan powerfull. Seperti halnya Adobe Premiere, Final Cut Pro memiliki beberapa ekstensi pendukung seperti audio, maupun tampilan efek – efek lainnya. Selain itu, yang menjadi kelebihan Final Cut Pro dibanding aplikasi lainnya adalah waktu rendering video yang lebih cepat.

4. Camtasia Studio
Mungkin dibanding aplikasi – aplikasi diatas, aplikasi yang satu ini termasuk yang paling kecil instalasi file-nya, paling mudah, serta paling murah. Camtasia Studio memang tidak memiliki sejumlah efek – efek dan motion yang lengkap seperti aplikasi video editing diatas, namun banyak yang menyukai aplikasi ini.

Camtasia Studio yang dibuat oleh Techsmith memiliki beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh saingannya diatas. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simple, tidak terlalu banyak menu, namun memiliki fitur – fitur yang diperlukan oleh seorang video editor profesional.

Selain fitur standart editing, Camtasia juga terkenal karena fitur Screenrecorder yang sering digunakan oleh pengguna untuk membuat video – video tutorial. Banyak pengguna youtube yang menggunakan jasa aplikasi ini untuk membuat video sederhana yang berkualitas tentunya.

5. Avid Media Composer
Aplikasi terakhir adalah aplikasi editing video yang disebut – sebut sebagai aplikasi terganas dari kelimanya. Avid Media Composer memang bukan aplikasi editing yang cocok bagi pemula, karena memiliki sejumlah fitur yang kompleks serta rumit.

Namun Avid Media Composer adalah aplikasi yang powerfull. Jika anda pernah menonton film Hollywood The Hobbits dan Star Wars series, film – film itu merupakan hasil pengolahan Avid Media Composer. Avid Media Composer memiliki sejumlah ekstensi yang terbilang lengkap bagi seorang editor.

6. iSkysoft Video Editor
Software editing video terbaik yang digunakan para Youtuber adalah iSkysoft Video Editor. Software ini bisa digunakan untuk mengedit film atau video layaknya memberi kredit atau intro memberikan audio dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu Software  editor untuk para Youtuber terbaik, kamu bisa  mengandalkan perangkat lunak yang satu ini.Sebetulnya masih banyak software yang gratisan atau berbayar, tergantung kalian suka yang mana silahkan yang penting dapat membuat konten kita nanti menarik dan dengan softaware editor para youtuber seperti diatas bisa membuat video youtube kalian tidak seperti amatiran.

7. Adobe After Effects
After effect adalah software yang bisa dibilang untuk tingkat profesional, bagaimana tidak, software ini juga yang digunakan dalam pengeditan film-film besar seperti iron man, dan film lainnya yang berkaitan dengan effect.

Dalam hal compositing, software ini sangat cocok sekali dan memang diperuntukan untuk hal tersebut. Seperti video zack king, after effect yang selalu mewujudkan video-video magicnya.

Pembuatan intro atau outro pada video vlog akan lebih bagus jika menggunakan software ini, akan tetapi ya harus di barengi dengan creativitas dan keahlian kalian dalam menggunakan software ini.

8. Filmora
Filmora adalah software editing vlog atau video youtube lainnya yang memang diperuntukan bagi para pemula yang baru mau belajar dalam tahap pengeditan, software ini juga tidak rakus memory dan lumayan ringan.

Seperti Windows Movie Maker, filmora juga sangat sekali mudah dipelajari dan di operasikan, selain mudah juga fitur yang ada didalam Filmora lebih modern dan keren daripada movie maker bawaan windows.

9. Hitfilm 4 Express
Software Hitfilm 4 Express memiliki fitur editing video seperti Adobe Premiere Pro CC, software VFX yang saat ini gratis bebas digunakan menjadi pilihan tersendiri bagi para editor untuk belajar mengaplikasikan beberapa macam Effect pada sebuah footage. Tidak jarang youtuber yang menggunakan software ini sebagai software untuk menambahkan effect pada videonya.

10. Davinci Resolve
Aplikasi ini sangat cocok jika digunakan untuk color grading pada video, seperti halnya tadi dalam premiere pro ada sebuah option Lumetri Color, nah pada software Davinci ini option tersebut lebih lengkap dan memang dikhususkan untuk hal grading.

Banyak sekali PH (Production House) yang menggunakan sofware ini untuk editing, karena gratis serta fiturnya yang sekelas profesional.

Posting Komentar

  1. karena saya tidak terbiasa dengan aplikasi yang gratisan, maka saya selalu mencari aplikasi yang premium...tapi nggak bakalan tak bilangin aplikasi apakah itu?

    BalasHapus
  2. kebetulan banget nich...
    Thanks buat infonya bro..

    BalasHapus
  3. Kemarin lagi cari tool sama temen buat build chanel youtube. Saya lebih suka yang gratisan ngak kaya mang lembu yang kaya raya :)

    BalasHapus
  4. Kalo saya pakai movie maker aja deh mas yang gampang cara settingnya, tapi ya jadinya gak bakalan sebagus adobe premier

    BalasHapus
  5. ntah bagaimana cara jadi youtuber, bisanya camtas doang

    BalasHapus
  6. yang ringan cuma filmora aja ya?

    BalasHapus
  7. kok filmora ngk bisa di install di komputer saya ya ? mohon bantuan nya dong

    BalasHapus
  8. ini digunakan di PC atau smartphone mas (h)

    BalasHapus
  9. mantap mas bro.....tp sayang semuanya berbayar

    Mampir di mari yach

    http://bawahappyaja.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  11. ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten

    PROMO SPESIAL GEBYAR BULANAN ITUDEWA . KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI ITUDEWA YANG DI MULAI DARI TANGGAL 6 Oktober 2019 S/D TANGGAL 6 November 2019.

    MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL PULUHAN JUTA, TANPA DI UNDI!

    - Daihatsu Alya 1.0 D Manual ( Senilai Rp.100.000.000,- )
    - Yamaha Xabre 150 ( Senilai Rp.30.000.000,- )
    - Samsung Galaxy TAB S5E 4/64GB ( Senilai Rp.7.000.000,- )
    - Free Chips 1.500.000
    - Free Chips 1.000.000
    - Free Chips 250.000

    SYARAT DAN KETENTUAN : ITUDEWA

    BUKTI PEMENANG PROMO GEBYAR ITUDEWA : KLIK DISINI
    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA

    1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

    => Bonus Cashback 0.3%
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Bonus UPLINE REFERRAL UP TO 100.000!
    => Bonus New Member 10%
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)

    * Pusat Bantuan ituDewa

    Line: ituDewa
    WeChat : OfficialituDewa
    Telp / WA : +85561809401
    Livechat : ItuDewa Livechat

    BalasHapus
  12. gokil banget aplikasinya, terbantu banget buat kami yang sedang mengembangkan website dengan konten2 terupdate, semoga website Prediksi Bola saya cepat terkenal dengan ada nya editor video lucu ini.. thanks gan..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Top