Alul Stemaku - Hallo sobat semuanya, bagi kalian yang baru belajar komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet.? nah tapi kalian semua belun tentu mengerti apa saja sih yang dibutuhkan komputer untuk mengakses internet. Internet membutuhkan sebuah perangkat komputer lengkat dan juga perangkat pendukung lainnya untuk bisa terkoneksi dengan internet.


Berikut ini Macam Macam Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet adalah :

Perangkat Komputer Lengkap / Lapop
Perangkat komputer terdiri dari beberapa bagian dan dikelompokkan sebagai berikut :

Perangkat Tambahan Untuk Mengakses Internet

  • Modem ADSL
Modem ADSL atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Seperti jenis modem lainnya, modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. Singkata NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces) juga sering ditemui di beberapa negara.

  • Modem Stick / USB
Modem stick / usb adalah alat yang dapat membantu menghubungkan komputer untuk akses di internet. Bentuknya hampir sama dengan flashdisk yang membedakannya adalah bisa dimasukan simcard operator untuk menjalankannya. Modem usb yang saya tahu ada dua macam yaitu:
1 . Modem usb dengan cara suntik nomor.
2 . Modem usb yang dapat di masukan simcard ( GSM dan CDMA ).
Dan cara kerja serta pemakaiannya sangat simpel hanya dengan menghubungkan saja di port usb komputer maka kita sudah dapat bermain di internet dan melakukan bisnis di dunia maya.

  • LAN Card
Lan Card adalah sebuah card/kartu yang berfungsi sebagai penghubung dari komputer ke sebuah jaringan komputer Jenis .

  • Rj 45
Adalah kepala dari kabel UTP

  • Rj 11
Adalah Kepala Dari kabel STP

  • Spliter
Splitter merupakan alat penghubung ADSL dengan line telepon. Splitter ini berguna untuk menghilangkan gangguan ketika Anda menggunakan modem ADSL. Sehingga nantinya Anda tetap dapat menggunakan Internet dan menjawab telepon secara bersamaan. Ini merupakan salah satu keuntungan mengapa Anda menggunakan teknologi ADSL.

  • Kabel UTP (Unshielded twisted-pair)
Kabel UTP adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik

  • Kabel STP (Shielded twisted pair)
Kabel STP adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel (”twisted pair”). Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI.

  • Saluran telepon
saluran telepon di gunakan untuk sambungan ketika melakukan akses/dial up untuk koneksi internet

  • Bridge: 
digunakan untuk menghubungkan dua LAN (ethernet-ethernet, tipologi cincin dengan cincin, bus dengan bus dan star dengan star.

  • Repeater: 
merupakan alat yang di gunakan untuk menambah jarak maksimum tiap LAN. Repeater akan mengambil semua isyarat yang sampai kepadanya, pada semua LAN yang seterusnya.

  • Hub/Switch: 
merupakan peralatan yang menyediakan ”central connection point” untuk penyambunagn kabel dari stasiun kerja (work station), komputer (servers), dengan komputer lainnya yang terhubung dengan server.

  • WiFi Access Point
Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antenna untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari client remote.
Wireless Access Point biasanya dikapai untuk mode jaringan Infrastruktur, Fungsi utama dari Wireless Access Point adalah untuk mengembangkan jaringan local kabel anda secara wireless. 

  • WiFi USB
Berbagai produk termasuk WiFi USB adapter, Wireless Adapters USB 2.0 yang menghubungkan laptop/komputer ke jaringan. Contoh: nirkabel untuk menggunakan dan sangat berguna ketika datang ke komputasi mobile.

  • WiFi PCI
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah busyang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. WiFi PCI adalah salah satu jenis perangkat WLAN yang menggunakan standard 802.11 dan menggunakan slot PCI.

  • WiFi PCMCIA
PC Card merupakan pemendekan kata dari induk asosiasinya yaitu Personal Computer Memory Card International Association (PCMCIA) atau Asosiasi Internasional Kartu Memori PC yang dimaksud untuk memudahkan dibaca serta diingat. PC Card merupakan salah satu bentuk di antara kartu memori pertama yang dibuat pada tahun 1990-an dan setelah berkembang jenis dan modelnya.

Posting Komentar

  1. Nice info gan, bermanfaat. Makasih infonya yah. salam sukses selalu buat anda.

    BalasHapus
  2. iki wes bener-bener lengkap pokoe, semua perangkat buat akses internet udah ada di sini..

    BalasHapus
  3. Yang aku pahami cuma modem stick. Karena sampai saat ini aku masih setia menggunakan modem tersebut. Lebih praktis ,bisa dibawa kemana-mana.
    Walau ada niat pasang kabel internet. Agar bisa puas main ngeblognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mas, kalau langganan itu kalo sering beraktifitas diluar jadi jarang terpakai.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Top