Assalamualaikum sobat blogger, kali ini saya akan share sedikit informasi yaitu 10 Masalah Yang Paling Sering Terjadi Pada Komputer atau Laptop. Problem atau permasalahan yang terjadi pada komputer sebenarnya sangat banyak sekali, mulai dari hal yang kecil hingga yang besar. Dan biasanya masalah kecil tersebut bisa menjadi besar apabila kurang perhatian dari pemiliknya.

Inilah 10 Problem yang Paling Sering Terjadi Pada Komputer

Dari sekian banyak masalah yang sering terjadi pada komputer, pada artikel ini penulis simpulkan bahwa masalah yang sering terjadi pada komputer tidak pernah lepas dari 10 problem dibawah ini. 10 problem yang akan dibahas ini, dijamin bagi Anda yang sudah lama menggunakan komputer, ataupun bagi Anda seorang teknisi, pastilah sudah tidak asing lagi dengan permasalahan-permasalahan berikut ini.

Berikut adalah penjelasan mengenasi 10 problem yang sering terjadi pada komputer. Silah disimak baik-baik.

1. Komputer reboot sendiri, bahkan mati

Masalah ini sering terjadi pada komputer kita yang disebabkan oleh masalah pada perangkat kerasnya. Terutama processor yang overhat atau terlampau panas. Panas berlebihnya processor ini biasa disebabkan oleh kinerja kipas pendingan yang kurang maksimal, atau juga termal pasta pada processor sudah mengering.

2. Mengeluarkan bunyi beep

Bunyi beep ini biasanya terdengar ketika pertama kali kita menyalakan komputer. Bunyi beep ini biasanya terdengar apabila terjadi kesalahan pada salah satu hardware yang terpasang pada komputer. Karena banyak produk BIOS dipasaran, maka kode beep yang terdengar pun bervariasi dengan berbagai permasalahannya. Namun perlu diingat, tidak semua beep itu berarti terdapat masalah, karena ada beberapa BIOS yang memang mengeluarkan bunyi beep sekali pada saat awal booting, dan itu menandakan komputer normal.

3. CPU menyala, tetapi monitor tidak menampilkan apapun

Masalah ini umumnya terjadi akibat RAM yang tidak terdeteksi sempurna. Karena fungsi sebuah RAM adalah sebagai penyimpanan sementara (menyimpan proses yang berjalan), jadi jika RAM tersebut bermasalah maka tidak ada perangkat yang bisa menyimpan proses yang sedang berjalan, sehingga tidak ada yang bisa ditampilkan pada monitor.

Selain RAM, bisa juga karena kabel VGA yang terhubung ke monitor tidak tersambung dengan baik. Apabila Anda menggunakan VGA Card, maka tidak perlu lagi menhubungkan kebel VGA melalui port VGA onboard yang ada di motherboard.

4. Komputer mati total

Pada kondisi mati total ini, biasanya berhubungan dengan arus listrik, apa komputer mendapat suplly arus listrik atau tidak. Sehingga apabila komputer tidak mendapat suply listrik, maka bisa dipastikan komputer tidak akan pernah menyala. Anda bisa melakukan pengecekan mulai dari kabel power yang mengarah ke sumber listrik, power suply, atau bahkan kabel-kabel front panel-nya. Apabila tidak ada masalah pada suply listrik, bisa dipastikan motherboard yang bermasalah.

5. Komputer sering HANG

Biasanya kondisi komputer yang HANG ini disebabkan oleh tingginya data yang diproses tanpa mengimbangi kemampuan processor dan memory RAM dalam mem-buffer atau menampung sementara data yang diproses. Karena RAM memiliki kapasitas yang terbatas, maka semakin banyak aplikasi dijalankan maka kapasitas RAM tersebut akan semakin berkurang dan habis. Nah pada kondisi ini, komputer akan mengalami HANG karena tidak kuat menjalankan perintah yang sedang dieksekusi.

6. Blue Screen

Biasanya komputer yang mengalami Blue Screen ini akan disusul restart dengan sendirinya. Biasanya keadaan ini disebabkan kesalahan pada perangkat kerasnya, software driver yang terinstall, bahkan bisa disebabkan oleh virus.

7. Browser home page, default search engine, dan default browser berubah sendiri

Penyebab dari masalah ini adalah ketika kita menginstall aplikasi secara sadar maupun tidak sadar. Yang paling sering terjadi yaitu, ketika kita sedang mengakses sebuah website yang banyak iklan berupa pop-up, dan kita tidak sengaja meng-kliknya, sehingga tanpa kita sadari kita telah menginstal sebuah program yang bisa mengubah tampilan hompage, dan default search engine.

Selain dari internet, hal ini juga bisa disebabkan saat kita sedang menginstal aplikasi, kemudian aplikasi tersebut menyarankan untuk menginstal toolbar pada web browser kita.

8. Tidak bisa terhubung dengan jaringan

Pada kondisi ini, komputer kita sama sekali tidak bisa terhubung dengan komputer lain pada sebuah jaringan. Komputer yang tidak bisa konek ke jaringan disebabkan oleh karena :

    > Tidak adanya kartu jaringan atau NIC pada komputer tersebut. 
    Konfigurasi setting IP address yang salah atau tidak sesuai.
    Adanya kerusakan pada NIC atau media penghubung seperti kabel atau wireless. 

9. Komputer bisa menyala, tetapi tidak bisa masuk ke sistem operasi

Masalah ini bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu hardware dan software. Karena ini berhubungan dengan sistem operasi, hardware yang sangat riskan untuk masalah ini adalah harddisk. Karena di harddisk inilah sistem operasi tersebut tersimpan, jadi apabila hardisk tidak terpasang dengan baik, kita tidak akan pernah bisa menggunakan sistem operasi yang ada.

Selain dari hardware, masalah ini juga bisa terjadi dari sistem yang bermasalah, seperti hilangnya file-file yang penting dalam sistem operasi tersebut, virus, atau bahkan terformatnya partisi dimana sistem operasi tersebut terinstal.

10. Tidak bisa online di internet

Ada beberapa hal utama yang menyebabkan masalah tersebut, yaitu:

    Tidak adanya koneksi internet. 
    > Tidak terkoneksinya komputer kita ke jaringan komputer
    > Komputer kita diblok untuk mengakses internet
    > Konfigurasi dari browser setting yang kurang atau salah 


Langkah yang terbaik sebelum kita mengambil tindakan saat terjadi masalah pada komputer adalah dengan cara mengenali masalah yang sedang terjadi. Mempelajari masalah tersebut, mencari tahu penyebab dari masalah tersebut, apa dampak yang akan terjadi, kemudian mencari solusi untuk masalah tersebut.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian.. ^_^

Posting Komentar

  1. kalo komputer sering matian gimana mas solusinya, padahal sudah di kasih pasta pada prosesornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kipas prosesornya juga di cek mbak. kadang kipasnya kurang kenceng atau melemeh.

      Hapus
  2. yang namanya teknologi gak akan terlepas dari eror ya mas, termasuk komputer kadang kala juga ada masalahnya, maka dari itu dengan memahami permasalahan di atas kita bisa lebih tahu lagi mengenai komputer dan di buat juga cara mengatasinya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mas, namanya juga robot pasti lama2 bisa error

      Hapus
  3. Saya pernah mengalami masalah, tapi dibagian monitor. ada garis-garis kecil warna merah atau kuning kecil-kecil. Itu masalahnya apa ya ?

    BalasHapus
  4. thx infonya :) sehub dg no 7, paling sebel tanpa disadari ngeklik sendiri hingga bertebaranlah iklan2 yg ckp mengganggu . saya pilih kabooor, pindah ke yg lain.

    saya sd follow blognya mas alul :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget, bahkan kadang ada yang sampai tidak bisa dibaca.

      oke siap follback

      Hapus
  5. ngehang itu yg sering terjadi pada PC ku waktu membuka banyak aplikasi secara bersamaan .maklum memang kompie jadul sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena ram dan prosesor kapasitasnya kurang mas. mungkin perlu diganti kompi baru nih. hehehe..

      Hapus
  6. lptop ane sering mati sendiri,
    bahaya gk ? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. laptopnya itu mungkin udah leleah mas, jadi butuh istirahat. hehe..

      Hapus
  7. wahhh mungkin masalah yg sering ane dpat. pantasan laptop ane langsung lambat. makasih bro infonya

    BalasHapus
  8. Komputer saya paling sering restart sendiri kalau udah kepanasan. Selain itu serangan virus juga sering menghambat dan mengganggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas biasanya kalau prosesornya udah gak kuat, bisa restart sendiri. diakibatkan virus juga bisa.

      Hapus
  9. Sering Hang, itu yg terjadi pada PC saya kang, Mungkin sudah banyak virus yang bersarang kali ya :D.

    BalasHapus
  10. Siapapun yang berhubungan dengan penggunaan perangkat tsb, pasti mengalami salah satu dari sekian masalah diatas. Tips yang mebrmanfaat.
    Salam!

    BalasHapus
  11. Lapotop aku heatsink fan nya sering bunyi gitu mas kalo udah dipake berjam-jam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. itu biasanya prosesornya terlalu panas.

      Hapus
    2. masukkin frezeer aja apa gimana ya mas bagusnya?

      -__-

      Hapus
    3. bisa jadi mbak. silahkan dicoba.. :v

      Hapus
  12. Pernah ngerasain tuh yang bunyi beep

    selain itu suka nge-hank dan juga firefox suka not responding.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Top